Fakultas Teknik insya Allah akan mengirimkan satu tim dari empat tim yang mewakili Universitas Muhammadiyah Surakarta di ajang kompetisi mahasiswa bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 32 di Universitas Udayana Bali. Kompetisi ini akan diselenggarakan pada tanggal 27-31 Agustus 2019 di kampus Unud Bukit Jimbaran.

Peserta Pimnas ke-32 ini berasal dari 126 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dibawah naungan Kementerian Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi (Kemeristekdikti), jumlah total karya ilmiah yang akan dipresentasikan adalah 460 judul dan dinilai oleh 71 orang juri.

Adapun perwakilan dari Fakultas Teknik dinamakan tim Papan, yang beranggotakan Miftahul Khayati (Teknik Kimia, 2016), Fandi Wijaya Kusuma Wardana (Teknik Kimia, 2017) dan Muklis Indarto (Teknik Sipil, 2017). Topik penelitian dari Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ini adalah Optimalisasi Papan Komposit dari Limbah Serat Aren dan Limbah Kertas dengan Resin Unsaturated Polyester sebagai Plafon Ramah Lingkungan,. Tim ini didampingi oleh dosen prodi Teknik Kimia, Tri Widayatno, ST, MSc, PhD.

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya limbah kertas dan limbah aren yang ada disekitar masyarakat yang belum termanfaaatkan dengan optimal. Hasil akhir dari riset ini yaitu plafon rumah diharapkan mampu dimanfaatkan oleh masyarakat.