Malang, 24 Agustus 2019, mahasiswa jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik yang juga merupakan anggota dari organisasi CUBE Universitas Muhammadiyah Surakarta yang terdiri dari tiga orang yaitu Perwita Mas Imbang dari angkatan 2018, Zulhan Rasyid M. dari angkatan 2017 dan Dhimas Adha Aji P. dari angkatan 2017 dan dosen pembimbing yaitu Mochammad Solikhin, M.T. ,PhD. Dimana tim yang bernama Doremi CUBE ini berhasil meraih juara 2 Lomba Beton Ringan yang bertema Beton Ringan Struktural Ramah Lingkungan yang bertempat di Universitas Negeri Malang. Dimana lomba ini merupakan serangkain acara dari kegiatan Civildays 2019 yang diadakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang.

 

Untuk proses menjadi finalis, pertama tim tersebut membuat proposal mengenai lomba beton ringan struktural ramah lingkungan dan membuat video pembuatan beton yang dikirim ke panitia lomba. Tim tersebut juga melakukan beberapa kali trial mengenai pembuatan beton di Laboratorium Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk membuat campuran perbandingan mix design mengenai inovasi material beton ringan yang terbaik. Tim tersebut menggunakan inovasi material berupa fly ash, serbuk bata ringan, styrofoam, dan batu apung. Setelah itu panitia menyeleksi  proposal yang dikirim dari berbagai tim pada setiap universitas yang mengikuti. Lalu diambil 7 tim untuk masuk ke tahap final. Dimana ketujuh finalis tersebut berasal dari Universitas Negeri Malang, Universitas Sebelas Maret, Politeknik Negeri Banyuwangi, Universitas Dharma Andalas, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan dua tim dari Institut Teknologi Sepuluh November.

 

Untuk tahap final setiap tim membuat benda uji yang diuji di laboratorium struktur Teknik Sipil Universitas Negeri Malang dan melakukan presentasi pada dewan juri. Tahap final dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2019 untuk pelaksanaan Technikal Meeting  dan tanggal 24 Agustus 2019 untuk pelaksanaan pengujian benda uji dan presentasi pada dewan juri di gedung D9 jurusan Teknik Sipil FT Universitas Negeri Malang. Untuk pengumuman juara diumumkan digedung H5 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Untuk pemenang lomba beton ringan struktural ramah lingkungan, juara ke-3 diraih oleh tim dari Universitas Sebelas Maret. Juara ke-2 diraih oleh tim Doremi CUBE dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan juara ke-1 diraih oleh tim dari Politeknik Negeri Banyuwangi. Dengan demikian tim dari UMS berhasil mengalahkan tim dari tuan rumah yaitu UM serta tim dari ITS. Dengan mengikuti lomba seperti ini, tim ini berharap dapat menambah ilmu serta pengalaman dan menambah wawasan di dunia ketekniksipilan khususnya beton demi kemajuan dan perkembangan pembangunan di Indonesia.