08/02/2020,

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tambah guru besar baru. Kali ini Pembantu Rektor 2, Ir Sarjito MT PhD yang meraih profesor. Ia akan dikukuhkan rektor Prof Dr Sofyan Anif di auditorium HM Djazman, Sabtu (08/2).

Prof Sarjito akan menyampaikan orasi tentang “Peran komputasi dan simulasi numerik untuk peningkatan efisiensi dalam pemanfaatan energi. Ia adalah guru besar bidang Ilmu Teknik Mesin pada Fakultas Teknik . Prof Sarjito tercatat sebagai guru besar ke 30 UMS.

Sarjito, Sulung dari 4 Bersaudara yang lahir dari pasangan H. Sunarto & Hj. Juminten, beserta kawan-kawan pada 2018 melakukan penelitian gas emission’ dengan mengaplikasikan pemakaian campuran bahan bakar dan bioethanol dari singkong. Ketika menguji pada kendaraan bermotor dengan prosentase BE 30 persen dan membandingkan dengan performa mesin murni memakai pertalite. Hasil percobaan tidak terdapat beda signifikan pada daya antara keduanya.

“Emisi pemakaian B30 memberikan prosentase HC lebih rendah. Artinya pencampuran petalite dengan B30 prestasi mesin tidak terlihat penurunya secara nyata. Ini salah satu upaya efisiensi yang bisa dilajukan,” kata Sarjito yang lahir di Klaten pada 10 November 1962.

Beliau termasuk aktif dengan menulis berbagai jurnal ilmiah dengan catatan 21 Jurnal ilmiah terindeks scopus. Semoga dengan bertambahnya Guru Besar baru UMS ini dapat menambah UMS untuk lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar secara lebih luas.