Beranda
Profil Fakultas Teknik
Download
Web Links
Rubrik
Interaktif
Buku Tamu
Kirim Artikel
Kontak Kami
Aktifasi User
Profil Jurusan
Teknik Sipil
Teknik Mesin
Teknik Arsite
Teknik Elektro
Teknik Kimia
Teknik Industri
Jadwal Terpadu UMS
Rapi
Alumni
Rubrik
Seputar FT UMS
Jurusan Teknik Sipil
Jurusan Teknik Mesin
Jurusan Teknik Arsitektur
Jurusan Teknik Elektro
Jurusan Teknik Kimia
Jurusan Teknik Industri
Alumni
Artikel Terakhir
Call for Papers the first International Conference on Engineering Technology and Industrial Applicat
RAPI 2014 "Inovasi Keteknikan untuk Pembangunan Berkelanjutan"
RAPI 2014 "Inovasi Keteknikan untuk Pembangunan Berkelanjutan"
RINI KUSUMAWARDANI
“Suka menjadi Guru tetapi Lebih Suka Menghadapi Pekerjaan yang Ada di Hadapannya Sekarang
KESEDERHANAAN ADALAH SEBAGIAN DARI KECERDASAN
Tim Robot Juara II
Meteri Kuliah
Ruang Hijau Kota
Administrator

Jika anda ingin konfirmasi tentang web Fakultas Teknik Silahkan Hubungi:
  • +6271717417-247
  • +6271717417-235

Atau di:

Yahoo Messenger :
�Amd
�Udin

   


Usulan Penelitian Hibah Pasca Magister Teknik Sipil UMS

Jumat, 06 Maret 09 - oleh : Dr. Ir. Sri Sunarjono



PENYUSUNAN PEDOMAN DAN SPESIFIKASI PENGGUNAAN MATERIAL ’RAP’ UNTUK TEKNOLOGI DAUR ULANG PENCAMPURAN DINGIN PERKERASAN JALAN DI INDONESIA


Isu lingkungan dalam konstruksi perkerasan jalan mendorong kuat penggunaan material RAP (Reclaimed Asphalt Pavement) dengan teknologi daur ulang pencampuran dingin (cold-mix recycling). RAP adalah bahan bongkaran perkerasan jalan lama yang sudah rusak, biasanya digunakan sebagai bahan urugan atau bahkan sering menjadi limbah. Karena desakan krisis minyak dan isu lingkungan untuk mereduksi limbah, material RAP kemudian mulai dimanfaatkan secara progresif dengan cara diolah kembali dengan diberi bahan peremaja untuk dijadikan bahan perkerasan baru. Pada mulanya RAP diolah secara panas (hot-mix), namun dengan berkembangnya teknologi dan desakan hemat energi, pengolahan kemudian dilakukan secara dingin (cold-mix). Saat ini RAP sudah banyak diimplementasikan di berbagai negara termasuk Indonesia.
Problem yang muncul adalah bahwa pedoman dan spesifikasi pekerjaan penggunaan material RAP untuk konstruksi jalan di Indonesia belum ada. Padahal pedoman dan spesifikasi tersebut sangat diperlukan di lapangan sebagai pedoman kerja bagi para pelaksana konstruksi untuk menjamin mutu material yang dihasilkan. Oleh karenanya, usulan penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan penyusunan sebuah pedoman dan spesifikasi penggunaan material RAP untuk bahan perkerasan jalan dengan teknologi daur ulang pencampuran dingin. Untuk tujuan tersebut maka diperlukan sebuah studi kasus untuk mempelajari langsung pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan studi laboratorium untuk melakukan pengujian karakteristik dan properties campuran. Sebuah penyelenggaraan workshop juga diperlukan untuk ajang sosialisasi hasil penelitian dan sekaligus untuk mendapat masukan dari para akademisi dan praktisi pekerjaan jalan.
Roadmap penelitian yang diusulkan adalah (1) pada tahun pertama, diusulkan 7 (tujuh) buah kegiatan utama yang meliputi pengamatan langsung di lapangan dan pengujian laboratorium terhadap material hasil pekerjaan di lapangan, (2) pada tahun kedua, diusulkan 4 (empat) buah kegiatan utama yang sepenuhnya dilakukan di laboratorium dengan menggunakan material RAP imitasi untuk menyelidiki berbagai properties campuran yang menggunakan material RAP, dan (3) pada tahun ketiga, diusulkan 6 (enam) buah kegiatan utama untuk penyusunan pedoman dan spesifikasi berbagai material yang menggunakan RAP dan menyelenggarakan sebuah workshop untuk melakukan sosialisasi dan penyempurnaan draf pedoman dan spesifikasi yang telah tersusun.
Penelitian ini akan melibatkan seorang dosen berkualifikasi doktor dan enam mahasiswa Program Pascasarjana UMS dalam kurun waktu tiga tahun. Penelitian akan diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dan mutu pendidikan Pascasarjana UMS serta memperbaiki mutu penelitian ke tingkat internasional. Untuk itu penelitian ini mentargetkan luaran 6 buah tesis mahasiswa Pascasarjana, 1 buah buku ajar, 2 buah artikel seminar (1 buah untuk taraf seminar internasional), 4 buah artikel jurnal (2 buah jurnal terakreditasi dan 1 buah jurnal internasional), satu buah usulan HKI, modul workshop dan satu buah buku Pedoman dan Spesifikasi.
Selain pedoman dan spesifikasi penggunaan material foamed asphalt yang sangat dibutuhkan oleh dunia konstruksi jalan di Indonesia, luaran yang diharapkan dalam penelitian ini adalah kontribusi keilmuan dibidang perkerasan jalan mengenai karakteristik campuran foamed asphalt bagi perkembangan penggunaan sustainable pavement baik secara internasional maupun nasional. Secara khusus penelitian ini ditujukan untuk memajukan mutu pendidikan pascasarjana dengan menghasilkan tesis-tesis yang berkualitas dan publikasi nasional dan internasional.

kirim ke teman | versi cetak

Berita Seputar FT UMS Lainnya

Rekapitulasi Pseserta Wisuda Fakultas Teknik
TPSDP Anugerah Bagi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
Seminar Nasional 2013 Teknik Sipil
Sejarah lahirnya Open BSD
OpenBSD: Grup Open Source berhasil memerangi Buffer Overflow

Komentar Pengunjung

Makasih
Kamis, 26 Mei 11 - oleh : UII Fans
Artikel yang menarik..
Makasih infonya..
Salam...:)

Fakul tas Teknik Sipil dan Perencanaan
Universitas Islam Indonesia
http://fcep.uii.ac. id/


Penyusunan Pedoman
Rabu, 17 Nopember 10 - oleh : Fajar Setyo Hartono
Penyusunan pedoman dan spesifikasi penggunaan material RAP untuk teknologi daur ulang pencampuran dingin perkerasan jalan di Indonesia haruslah benar dan tepat .


Penerapan Teknologi Daur Ulang Perkerasan Jalan di Indonesia
Kamis, 20 Agustus 09 - oleh : Arif Widiyanto
Selamat untk Pak Sri Sunarjono yang terus aktif meneliti teknologi daur ulang perkerasan jalan. Sampai saat ini masih banyak dijumpai berbagai kendala terutama mengenai pedoman tata cara stabilisasi dan spesifikasi teknis. Yang saat ini ada hanya mengadopsi dari luar (Australia, Inggris dan wirtgen- German) dengan sedikit modifikasi. Penelitian menyeluruh tentang penerapan teknologi stabilisasi dengan kondisi iklim dan existing perkerasan di Indonesia, bakal menjadi tantangan buat para peneliti ke-PU-an dan university.
Kami tunggu untuk penelitian baik pada skala penuh ataupun skala laboratorium. Our WLB 10 type S with hobbart mixer agitator, wirtgen 2400 with foam bitumen attachment will ready to support your research. Good luck.


Echo and Green Technologi wajib untuk terus dikembangkan.
Rabu, 10 Juni 09 - oleh : Moh. Basri Yuwono, ST.
Aslm.wr.wb.
Salam inovasi buat Bp. Dr. Ir. Sri Sunajono.
Teknik Recycling ini setahu saya di Indonesia baru ada di PT. Adhi Karya, dengan menggunakan mesin pengolah (daur ulang) dari Jerman pada proyek pekerjaan jalan.
Saya sangat mendukung dan ikut mendoakan semoga penelitian ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan manfaat bagi dunia teknologi.


Salam Buat Anak-Anak Teknik Civil UMS
Minggu, 31 Mei 09 - oleh : Andhy Wibowo,ST.MT
Salam Dari Saya Buat Dr.Ir.Sri Sunarjono,Saya alumnus S1 dan S2 di UMS Pak..Saya sangat mendukung program bapak demi kemajuan teknologi di bidang perkerasan jalan dan kemajuan fakultas teknis magister teknik sipil di UMS..dan sekiranya kalo boleh gabung. mohon saya diundang untuk dapat bergabung dengan penelitian bapak.Tks
No.HP. 085229091455


1 | 2 | Next »
Your Name :
Your Email :
Comment's Title :
Comment :
Security Code : Security Code
Type Code :

 
 

| beranda | guestbook | kirim artikel | download | webmail | contact |
Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Tromol Pos I Pabelan Kartasura, Sukoharjo 57102 Telp.+62-271-717417 ext. 212 Faks. +62-271-715448