Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
Rubrik : Seputar FT UMS
Simposium Nasional RAPI XI: Urgensi Inovasi Teknologi
Sabtu, 12 Januari 2013 - by :
UMS - Daya saing suatu bangsa merupakan faktor yang sangat menentukan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa dalam era globalisasi dewasa ini,. Daya saing merupakan hasil kinerja suatu sistem yang ada dalam bangsa termasuk daya saing teknologi. Inovasi teknologi merupakan unsur penting bagi kemajuan peradaban manusia yang dapat memanfaatkan kekayaan sumber daya yang ada untuk menunjang kesejahteraan dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Kemajuan bidang inovasi teknologi juga mendorong terjadinya globalisasi kehidupan manusia karena manusia semakin mampu mengatasi dimensi jarak dan waktu dalam kehidupan.

Inovasi teknologi industri, rancang bangun dan rekayasa teknik telah berkembang dengan pesat. Perkembangan teknologi meyangkut teknik, metode dan penemuan bahan baru yang bertujuan menjadikan industri, rancang bangun dan rekayasa teknik lebih efisien, murah, berdaya guna serta lebih ramah terhadap lingkungan. Pendekatan-pendekatan matematis baru dalam perhitungan kekuatan bahan dan system struktur mendorong semakin berkembangnya inovasi dalam dunia teknologi.

Dengan latar belakang itulah, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta kembali menyelenggarakan simposium RAPI XI (Rekayasa Aplikasi dan Perancangan Industri) yang dimaksudkan sebagai ajang saling tukar informasi dan pemikiran bagi akademisi, praktisi, birokrasi, mahasiswa dan lainnya yang memiliki perhatian bagi kemajuan inovasi bidang teknologi industri, rancang bangun dan rekayasa teknik pada tanggal 18 Desember 2012 bertempat di Gedung Pasca Sarjana UMS. Acara simposium RAPI kali ini adalah yang ke XI setelah sebelumnya simposium yang sama diselenggarakan pada 13 Desember 2011 dengan mengambil tema Peran Sains dan Teknologi dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Mandiri.

Pada simposium tersebut hadir sebagai pembicara utama adalah Ir Tjokorda Raka Sukawati, salah satu penemu penting dalam teknologi pembangunan jembatan dengan metode Sosrobahu pada tahun 1988 pada saat pengerjaan proyek jalan layang yang menghubungkan Cawang sampai dengan Tanjung Priok. Sedangkan untuk sesi call for paper, peserta kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan bidang kajian, antara lain teknik sipil, mesin, arsitek, elektro, kimia dan industri.
Panitia berharap bahwa dengan kegiatan simposium ini akan lahir inovasi dan kreativitas melalui paparan hasil penelitian yang mutakhir sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi kalangan birokrasi dalam penerapan kebijakan tentang inovasi teknologi. (RSV)
Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta : http://www.ums.ac.id/fakultas/teknik/
Versi Online : http://www.ums.ac.id/fakultas/teknik//?pilih=news&aksi=lihat&id=155