Fakultas Teknik merupakan salah satu fakultas yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Selama ini Fakultas Teknik sudah memiliki 6 program studi (prodi) dibawahnya. Dari 6 prodi tersebut, 5 diantaranya sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Pergruuan Tinggi (BAN-PT). Jika dipersentasekan 83,3 % sudah terakreditasi A.

 

5 Prodi yang sudah mengantongi surat terakreditasi A dari BAN-PT yaitu Prodi Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri dan Arsitektur.  Sementara Teknik Kimia masih terakreditasi B.

“Untuk Teknik Kimia masih berjuang mempersiapkan visitasi beriukutnya, untuk kemudian beralih status menjadi akreditasi Unggul melalui sistem akreditasi 9 kriteria” ujar Dekan Fakultas Teknik, Ir. Sri Sunarjono, M.T., Ph.D.

 

Berikut daftar program studi dan status akreditasinya :

  1. Teknik Mesin Akreditasi A SK No. 6030/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020
  2. Teknik Elektro Akreditasi A SK No 7349/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2020
  3. Teknik Sipil Akreditasi A SK No. 3958/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019
  4. Teknik Industri Akreditasi A SK No. 2340/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017
  5. Teknik Arsitektur Akreditasi B SK No. 2043/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016
  6. Teknik Kimia Akreditasi B SK No. 1216/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017

Seluruh Program Studi di Fakultas Teknik telah dilengkapi laboratorium untuk menunjang pembelajaran praktek mahasiswa, sesuai bidang penjurusannya. Selain itu, Mahasiswa di Fakultas teknik didukung oleh wadah pengembangan minat bakat mahasiswa melalui organisasi mahasiswa maupun komunitas. Tak sedikit mahasiswa Fakultas teknik menorehkan prestasinya baik di tingkat nasional maupun internasional.