Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta dipimpin oleh seorang Dekan dan dibantu oleh 4 orang sebagai Wakil Dekan. Kantor Dekanat Fakultas Teknik terletak di gedung H lantai 2 kampus 2 UMS.

NamaJabatanE-mail
Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.DDekanrois.fatoni@ums.ac.id
Mochammad Solikin, S.T., M.T., Ph.DWakil Dekan Ims183@ums.id
Wisnu Setiawan, S.T., M.Arch., Ph.DWakil Dekan IIwisnu.setiawan@ums.ac.id
Dr. Indah Pratiwi, S.T., M.TWakil Dekan IIIip268@ums.id
Tri Widodo Besar Riyadi, S.T., M.Sc., Ph.DWakil Dekan IVtri.riyadi@ums.ac.id
Umar, S.T., M.T.Gugus Penjaminan Mutu Fakultasuma244@ums.ac.id
Program Studi Teknik Sipil
Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Elektro
Program Studi Arsitektur
Program Studi Teknik Kimia
Program Studi Teknik Industri

Tugas dan Fungsi

DEKAN
  1. Menyusun rencana strategis pengembangan Fakultas selama 4 tahun yang sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Teknik.
  2. Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan  di tingkat Fakultas secara keseluruhan.
  3. Melakukan monitoring, evaluasi dan mendorong pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
  4. Melakukan koordinasi dan monitoring dalam pelaksanaan studi lanjut tenaga edukatif.
  5. Melakukan pengarahan dan pembinaan terhadap seluruh kegiatan kemahasiswaan yang ada di Fakultas Teknik.
  6. Mewakili Fakultas dalam hubungannya dengan pihak luar dan melaporkan segala bentuk kerja sama yang dilakukan dengan pihak luar.
  7. Menyusun rencana penerimaan mahasiswa  berdasarkan kapasitas Fakultas.
  8. Menilai kinerja tenaga edukatif dan non edukatif dengan menggunakan sistem penilaian yang ditetapkan Universitas.
  9. Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kampus yang Islami.
WAKIL DEKAN I
  1. Melakukan koordinasi, pengawasan dan evaluasi kepada program studi dalam pelaksanaan kegiatan akademik.
  2. Melakukan pengarahan terhadap program studi dalam evaluasi dan pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan stakeholder.
  3. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar sesuai kurikulum yang ditetapkan.
  4. Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik secara keseluruhan.
  5. Menyusun rencana pengembangan kegiatan akademik Fakultas berkoordinasi dengan program studi.
  6. Menilai dan melaporkan kinerja tenaga edukatif dengan menggunakan sistem penilaian yang ditetapkan Universitas.
  7. Berkoordinasi dengan WR I dalam bidang akademik.
WAKIL DEKAN II
  1. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana di tingkat fakultas.
  2. Mengkoordinir sistem administrasi yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  3. Menciptakan kualitas kehidupan kerja yang mendukung peningkatan kinerja tenaga edukatif dan non edukatif.
  4. Melakukan pengarahan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan bidang administrasi keuangan, sarana dan prasarana, serta kepegawaian secara keseluruhan.
  5. Menilai dan melaporkan kinerja tenaga non-edukatif dengan menggunakan sistem penilaian yang ditetapkan universitas.
  6. Berkoordinasi dengan Wakil Rektor II dalam bidang administrasi dan keuangan, dan dengan Wakil Rektor IV dalam pengembangan kerja sama Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  7. Melakukan sistem penjaminan mutu di tingkat fakultas dan mengkoordinir di program studi.
  8. Membangun kerjasama strategis dengan perguruan tinggi dan lembaga baik nasional maupu internasional.
WAKIL DEKAN III
  1. Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan tingkat Fakultas yang mendukung peningkatan kualitas dan kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja.
  2. Bertanggungjawab untuk mengarahkan, mengawasi dan mengevaluasi setiap kegiatan kemahasiswaan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dengan lembaga-lembaga mahasiswa di tingkat Fakultas.
  4. Mengkoordinir penyediaan informasi lowongan pekerjaan di tingkat Fakultas.
  5. Melakukan koordinasi dengan Pengurus Ikatan Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta (INI UMS) dalam fungsinya sebagai pusat informasi.
  6. Melakukan konsultasi dengan WR III untuk pelaksanaan kerjasama dengan perusahaan pengguna tenaga kerja dan perguruan tinggi.

WAKIL DEKAN IV

  1. Tersusunnya rencana pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat Fakultas untuk empat tahun yang akan datang sesuai Visi, Misi dan Tujuan Fakultas.
  2. Terwujudnya Group Diskusi pengembangan penelitian dan penulisan ilmiah di tingkat Fakultas.
  3. Tersusun Roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat di Fakultas.
  4. Terealisasinya peningkatan kualitas dan penambahan penulisan jurnal Scopus Dosen di Fakultas.
  5. Bertanggung jawab untuk kegiatan Penelitian, pengabdian masyarakat dan penulisan jurnal di fakultas.
  6. Melakukan konsultasi dengan WR 1 dalam penyusunan rencana pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat fakultas untuk empat tahun mendatang.
  7. Melakukan konsultasi dengan WR IV untuk pelaksanaan kerjasama dengan perguruan tinggi lain dalam pelaksanaanya.
  8. Melakukan pengarahan, pengawasan, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan penulisan jurnal ilmiah tingkat Fakultas yang mendukung peningkatan kualitas hasil penelitian.
  9. Bertanggungjawab untuk mengarahkan, mengawasi dan mengevaluasi setiap kegiatan Pengabdian masyarakat.

PENJAMINAN MUTU GJM

Fungsi Penjaminan Mutu di Tingkat Fakultas, yaitu Menjamin kualitas pelaksanaan catur dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan) di seluruh program studi yang dikelola oleh Fakultas, agar memenuhi standar yang telah ditetapkan melalui penerapan siklus SPMI (PPEPP) yang sistemik, konsisten dan berkelanjutan.

Tugas Pokok Penjaminan mutu GJM yaitu :

  1. Menyusun, melengkapi, dan mengembangkan dokumen SPMI turunan dari universitas untuk memastikan standar kualitas seluruh prodi kompetitif di level nasional maupun internasional (Penetapan, P1)
  2. Menjalankan siklus SPMI PPEPP di level Fakultas dan koordinasi implementasi SPMI di program studi (Pelaksanaan, P2)
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di fakultas dan mengkoordinir monev tirdharma di program studi (Evaluasi)
  4. Memonitor dan mengevaluasi pencapaian KPI prodi dan fakultas setiap akhir tahun ajaran dan memberikan rekomendasi kepada Dekan (Evaluasi)
  5. Menyusun dan koordinasi dengan UJM tentang laporan analisis dan rekomendasi tindak lanjut atas pelaksanaan audit mutu internal secara berkala untuk disampaikan ke Dekan saat RTM Fakultas (Pengendalian, P3 dan Peningkatan, P4)
  6. Mengumpulkan dan mengelola dokumen fisik bukti keterlaksanaan siklus PPEPP untuk kepentingan audit mutu internal, pengembangan kelembagaan maupun akreditasi (Pengendalian, P3 dan Peningkatan, P4)