Kamis (5/11/2020) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan Ortom Muhammadiyah mengadakan kegiatan sosial donor darah. Hal itu untuk membantu kurangnya stok pasokan darah yang dimiliki Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta saat ini.

Mengingatnya pentingnya stok darah tersebut guna menolong pasien yang membutuhkan, maka FT UMS bersama Ortom Muhammadiyah lainnya menggalang donor darah.

Sejak April hingga November 2020, bersama pengurus Ortom di UMS seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci Dan Hizbul Wathan kompak kerjasama dengan Palang Merah Indonesia kota Surakarta melangsungkan aksi sosial berupa donor darah. Sudah sebanyak 6 kali donor darah telah dilakukan.

Seperti biasa, kegiatan donor darah dilaksanakan di hall Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dengan kuota pendonor 50 orang. Karena dilakukan ditengah pandemi, aksi sosial tersebut tentu menaati protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Koordinator kegiatan itu mengatakan kegiatan tersebut medapat dukungan dari Fakultas Teknik UMS. Selain difasilitasi tempat kegiatan, setiap pendonor kali ini diberi masker berlogokan Fakultas Teknik UMS. “Dalam hal ini, Dekanat Fakultas Teknik sangat mendukung aksi sosial tersebut,” ujarnya yang juga sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Teknik.

Dia menceritakan dihubungi oleh pengurus PMI Kota Surakarta untuk kerjasama menggelar kegiatan donor darah, karena saat pandemi, jumlah pendonor sangatlah sedikit. “Bahkan PMI sampai jemput bola ke masingmasing rumah pendonor” Komentarnya.