Tim Robot Megalodon dari mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil lolos seleksi ke tingkat nasional, pada  Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2020. Tim Megalodon akan bersaing dengan 40 tim lainnya dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sebelumnya Megalodon UMS telah melewati proses seleksi, dari mulai pengiriman proposal, seleksi tahap 2, seleksi KRI tingkat wilayah atau regional. Di seleksi wilayah ini, Tim Megalodon berhasil lolos menduduki urutan ke 7, dari 40 tim di tingkat regional.

Bima Eka Mahasiswa Teknik Elektro UMS, ketua Tim Megalodon mengatakan, robotnya telah dilengkapi sensor api, yang bisa mendeteksi api di sekitarnya dan harus dipadamkan. Kini Tim yang digawanginya akan melanjutkan perlombaan di tingkat nasional.

Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) semula hanya memfungsikan robot sebagai pemadam api. Namun karena ada pandemi Covid-19 ini, juri menambahkan fungsi robot menjadi robot penyemprot cairan disinfektan. Kontes robot tersebut, dilaksanakan secara virtual daring

KRI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kontes Robot Indonesia ini dapat diikuti oleh Tim Mahasiswa dan Perguruan Tinggi yang tercatat di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (Rizki)