Prestasi kembali diraih oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, salah satu tim yang lolos seleksi Kontes Mobil Hemat Energi (KHME) tahun 2020. Tim tersebut yaitu Tim Electric Car Research Center (ECRC) Trisula untuk Kategori Urban dengan nama kendaraan Trisula UEV 21 dengan Kriteria Sistem Kemudi dan Pengereman.

 

Tim Trisula UEV 21 yang dibentuk mahasiswa dari 3 Program Studi yang ada di FT UMS yaitu dari Teknik Mesin (Ilham Wibowo angkatan 2019, Bagus Dwi Nugroho angkatan  2018, Rifky Sulistyo angkatan 2018, Bagus Yulian Nugroho angkatan 2018), Teknik Elektro (Faizal Tegar Nanda Saputra angkatan 2017) dan Teknik Industri ( Rizal Ichsanuddin L angkatan 2018, Rahmad Nawawi Nugroho angkatan 2017) diketuai oleh Bagus Dwi Nugroho dan dibimbing langsung oleh salah satu dosen dari FT UMS Bapak Ir. Muhammad Al Fatih Hendrawan, M.T

 

Penuturan dari Ketua Tim Trisula UEV 21 untuk kategori yang diperlombakan pada KMHE, yaitu Prototype dan Urban Concept dimana dari dua kategori tersebut masih dibagi menjadi empat subkategori berdasarkan sumber penggeraknya yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD), Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol dan Motor Listrik.

Sedangkan tahapan penilaian dilakukan secara virtual daring, hal ini dikarenakan adanya pandemic Covid 19. Tahapan yang sdh dilalui dan lolos sehingga masuk final  diawali dari seleksi administrasi, tahap berikutnya seleksi laporan desain dan tahap akhir  presentasi finalis.

 

KMHE merupakan sebuah event nasional yang diadakan oleh DIKTI dan Universitas Indonesia yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa teknik seluruh Indonesia untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku kuliah serta meningkatkan kreatifitas, disiplin, serta kemampuan soft skill dan hard skill. (weno)